8 Penyebab Kerontokan Rambut Yang Berasal Dari Dalam Tubuh - Ratu Kemiri

8 Penyebab Kerontokan Rambut Yang Berasal Dari Dalam Tubuh

7 bulan yang lalu      Perawatan Rambut Rontok
8 Penyebab Kerontokan Rambut Yang Berasal Dari Dalam Tubuh

            Rambut rontok biasanya disebabkan karena produk perawatan yang tidak cocok, debu atau polusi. Namun selain faktor tersebut ternyata ada faktor dalam tubuh yang dapat memicu rambut rontok, diantaranya;

Stres Fisik Atau Emosional

            Setiap jenis trauma fisik atau emosional dapat memicu telogen effluvium seperti penurunan berat badan, gangguan makan, penyakit dan rambut rontok yang mana biasanya dapat hilang dalam tiga sampai enam bulan setelah tubuh anda pulih. 

Fluktuasi hormon wanita saat kehamilan,  

Fluktuasi hormon wanita dari kehamilan, perimenopause, dan pil KB juga dapat menyebabkan telogen effluvium, terutama jika anda memiliki riwayat keluarga yang mengalami kerontokan rambut. Pastikan hormon anda stabil mungkin dengan mengurangi stres. Pada kehamilan, jika Anda kehilangan lebih banyak rambut dari sebelum anda hamil, anda perlu mengetahui kondisi  kesehatan anda untuk melihat apakah ada tiroid yang mendasari masalah kerontokan dan / atau kondisi autoimun.

Menopause

Sayangnya, folikel rambut dapat menyusut pada masa menopause, menopause dapat membuat rambut lebih halus namun lebih beresiko terjadi kerontokan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio estradiol testosteron dapat mempengaruhi kerontokan rambut pada wanita. Rasio ini biasanya berkurang selama menopause. Tidak mengherankan, penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang diobati dengan estradiol bioidentik memiliki  kerontokan rambut yang lebih sedikit.

Lakukan konsultasi pada dokter jika anda berumur lebih dari empat puluh tahun tentang apakah estrogen bioidentik tepat untuk Anda. Anda perlu mengikuti saran dokter kandungan untuk memastikan obat tersebut tetap aman dan tidak mengembangkan efek samping seperti pembekuan darah, kanker endometrium, stroke, kanker payudara, penyakit jantung.

Kekurangan Vitamin B

            Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan rambut rontok dan hal ini dapat diperburuk oleh stres atau mengonsumsi pil KB,  yang menguras vitamin B dalam tubuh. Lakukan langkah berikut ini:Pastikan asupan makanan dan suplemen yang anda konsumsi dapat memperbaiki masalah. sumber yang kaya vitamin B seperti daging, ikan, sayuran yang mengandung tepung, dan beberapa buah-buahan.

Kurangnya lemak

Jika anda sedang merencanakan untuk makan makanan rendah lemak Anda dapat mengkonsumsi lebih sedikit kalori, nutrisi, dan lebih banyak karbohidrat. Yang paling penting, jangan sampai anda kehilangan asam lemak esensial, omega 3 dan 6, yang menyehatkan kulit kepala dan menstabilkan pertumbuhan rambut. Stres membatasi makronutrien seperti lemak (atau karbohidrat atau protein) yang dapat memaksa lebih folikel rambut memasuki fase telogen. Serupa dengan tiroid renda.

Lakukan hal berikut ini : Pertahankan diet seimbang dengan makanan yang kaya akan lemak “baik” seperti lemak yang berasal  dari kelapa, alpukat, dan kacang-kacangan. Lemak tersebut baik untuk rambut dan kesehatan anda.

Obat-obatan

Beberapa obat seperti beta blockers, antidepresan, lithium, pengencer darah, methotrexate, NSAIDs (seperti ibuprofen) dapat menyebabkan rambut rontok. Lakukan hal berikut ini: Jika anda menggunakanl salah satu dari obat-obat ini, berbicaralah dengan profesional medis anda tentang alternatif lain dari obat tersebut.

Perawatan Rambut Berlebihan

Pewarna rambut, sering keramas, dan styling yang kuat dapat menimbulkan trauma folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Lakukan langkah berikut ini:  jangan mencuci rambut anda terlalu sering. Lakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.

Resistensi insulin dan gula darah masalah

Insulin, hormone pembantu yang bertugas mengatur kadar gula darah, juga mempengaruhi pertumbuhan rambut. Setengah dari pasien wanita dan 60 persen pasien laki-laki dengan alopecia androgenik memiliki tanda dan gejala yang berhubungan dengan resistensi insulin, kelainan gula darah, hipertensi, dan kolesterol. Kabar baiknya adalah bahwa pengurangan konsumsi gula dan pemanis buatan, dan diet dapat membalikkan resistensi insulin dan menurunkan peluang anda mengalami rambut rontok.

            Masalah rambut rontok bukan hanya disebabkan oleh faktor eskternal seperti pewarnaan rambut, hair styling, atau produk perawatan yang tidak cocok sehingga untuk mengatasinya anda perlu memastikan penyebab kerontokan sehingga dapat mengatasi dengan cara yang tepat. Lakukan gaya hidup sehat untuk membantu kesehatan rambut anda.




Komentar Artikel "8 Penyebab Kerontokan Rambut Yang Berasal Dari Dalam Tubuh"