Cara Merawat Rambut Berjilbab Yang Baik Dan Benar

3 bulan yang lalu      Tips Rambut Sehat
 Cara Merawat Rambut Berjilbab Yang Baik Dan Benar

Berjilbab merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para wanita beragama islam. Penggunaan jilbab ditujukan untuk menutup aurat dari wanita. Penggunaan jilbab mengharuskan rambut ditutupi oleh kain penutup. Tentunya akan membuat kondisi rambut wanita berjilbab tidak sama dengan kondisi rambut yang tidak berjilbab. Hal ini juga membuat perawatan rambut wanita berjilbab akan berbeda dengan perawatan rambut wanita yang tidak berjilbab.

Sebelum membahas secara lebih dalam mengenai cara merawat rambut berjilab yang baik dan benar, terlebih dulu akan dibahas beberapa masalah yang sering dialami oleh wanita yang menggunakan jilbab. Pertama, penggunaan jilbab yang menutup bagian rambut hampir sepanjang hari dapat membuat rambut menjadi mudah berkeringat sehingga menjadi lepek, gatal, berketombe, hingga menjadi mudah rontok. Sirkulasi udara yang terhambat merupakan salah satu penyebab utama mudahnya rambut menjadi berkeringat.

Meskipun ada beberapa resiko terjadinya masalah pada rambut, namun itu tidak bisa dijadikan alasan bagi para wanita muslimah untuk tidak menggunakan jilbab. Hal ini dikarenakan banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah-masalah tersebut. Berikut ini adalah beberpa poin yang dapat dilakukan oleh para wanita berjilbab agar kondisi rambut tetap sehat.

  • Cuci rambut dengan cara keramas secara rutin dan teratur
  • Pilih jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringan seperti bahan katun atau kaus
  • Pilih jilbab berwarna soft atau lembut karena akan membawa kesejukan pada rambut
  • Jangan memberikan ikatan rambut terlalu kencang
  • Hindari penggunaan jilbab pada saat kondisi rambut masih basah
  • Hindari model jilbab dengan banyak tumpukan kain karena hanya akan membuat rambut menjadi sulit untuk bernapas (maksimal 4 lapis)
  • Konsumsi makanan sehat, bergizi, serta rendah lemak
  • Istirahatkan rambut pada malam hari (tidak menggunakan jilbab ketika tidur)
  • Sesekali lakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami (lidah buaya, minyak kemiri, minyak zaitun, dan lain-lain)

Untuk anda yang telah terlanjur mengalami masalah rambut berminyak, lepek, berketombe, hingga mudah rontok, anda dapat langsung melakukan perawatan-perawatan khusus pada rambut anda. Anda dapat melakukan perawatan rambut di salon-salon langganan anda. Selain itu anda juga dapat melakukan perawatan secara pribadi dirumah. Perawatan dilakukan dengan menggunakan masker-masker rambut alami yang dapat anda buat sendiri dirumah. Masker-masker rambut alami tersebut dapat anda buat dari beberapa bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, jeruk lemon, jeruk nipis, biji kemiri, buah zaitun, bahkan dapat juga menggunakan cuka apel.

Pastikan anda untuk selalu memberikan perhatian dan perawatan yang khusus bagi rambut anda untuk mencegah terjadinya masalah-masalah pada rambut. Dengan adanya solusi-solusi diatas, maka tidak ada lagi alasan bagi anda para wanita muslimah untuk tidak menggunakan jilbab.

Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana cara merawat rambut berhijab yang baik dan benar. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi anda yang membacanya, terimakasih.




Komentar Artikel " Cara Merawat Rambut Berjilbab Yang Baik Dan Benar"