Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Catok

5 bulan yang lalu      Perawatan Rambut Rontok
Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Catok

Apakah kamu sering menggunakan catok untuk rambut kamu, dan kini mendapatkan kenyataan bahwa rambut kamu rusak? Pemakaian alat catok rambut memang pada awalnya dapat membuat rambut menjadi lurus dan mudah ditata. Akan tetapi, penggunaan alat catok rambut dalam jangka waktu lama dapat membuat rambut menjadi kering, kusut, dan mudah rontok. Kalau masalah rambut seperti ini betul-betul menimpa diri kamu, tidak usah khawatir. Ada kok cara merawat rambut rusak akibat catok yang mudah untuk diterapkan.

 

Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Catok

Sebetulnya penggunaan alat catok untuk meluruskan rambut tidak akan menimbulkan masalah bagi rambut jika digunakan tidak secara berlebihan. Penggunaan yang terlalu sering, apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu lama memang dapat memberikan dampak negatif bagi rambut, yakni menyebabkan rambut menjadi kering, rambut berubah warna dan mudah kusut, rambut terbelah pada bagian ujungnya, bahkan dapat menyebabkan rambut rontok hingga terjadi kebotakan rambut.

Bila rambut kamu sudah mulai tampak beberapa gejala kerusakan rambut seperti di atas, maka sudah sebaiknya kamu merawat rambut secara lebih rutin agar kerusakannya tidak semakin parah. Ini dia cara merawat rambut rusak akibat catok.

  1. Perawatan Rambut Menggunakan Hair Mask

Rambut yang rusak dan rontok akibat penggunaan alat catok membutuhkan banyak vitamin dan mineral agar rambut bisa tumbuh normal dan sehat kembali. Perawatan rambut rutin memakai hair mask dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dan kulit kepala. Lakukanlah perawatan rambut dengan menggunakan hair mask minimal 2 kali seminggu. Saat mengaplikasikan hair mask, lakukanlah sambil memijat-mijat kulit kepala agar dapat merangsang terjadinya regenerasi rambut.

  1. Mengkonsumsi Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallat, kandungan nutrisi alami yang dapat membantu meningkatkan kesuburan rambut dan membantu terjadinya proses regenerasi rambut untuk mengganti rambut yang rusak dan rontok dengan rambut yang sehat. Untuk itu, bila kamu ingin agar rambut kamu yang rontok dan rusak akibat penggunaan catok dapat kembali tumbuh sehat, cobalah untuk rutin meminum teh hijau setiap hari.

  1. Gunakanlah Sisir Berujung Bulat

Cara merawat rambut rusak akibat catok yang ini kelihatannya memang sepele, namun dampaknya cukup besar. Ya, bila rambut kamu rusak dan rontok akibat penggunaan alat catok, maka untuk menyisir rambut sebaiknya menggunakan sisir berujung bulat dan bergerigi jarang. Ujung sisir yang bergerigi bulat dan jarang akan memberikan sapuan lembut pada kulit kepala. Sebaliknya, sisir yang berujung runcing dapat menyebabkan kulit kepala yang sudah kering akan mudah lecet, dan gerigi sisir yang rapat-rapat akan mudah menyebabkan kerontokan lebih parah pada akar rambut yang sudah rapuh.

  1. Gunakan Shampoo dan Kondisioner yang Tepat

Perawatan rambut menggunakan shampoo dan kondisioner akan memberikan nutrisi pada kulit kepala dan akar-akar rambut sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

Gunakanlah secara rutin shampoo dan kondisioner yang cocok dengan kondisi rambut kamu. Dalam hal merawat rambut rusak akibat catok, maka shampoo yang paling tepat adalah shampoo untuk kondisi rambut kering.

  1. Hindari Penggunaan Catok dan Pengering Rambut

Karena kita sedang menerapkan cara merawat rambut rusak akibat catok sehingga rambut dapat kembali tumbuh dengan sehat dan lembut, maka sudah sepantasnyalah bila menghindari penggunaan catok dan juga pengering rambut (hair dryer).

  1. Lakukan perawatan Rambut menggunakan bahan Tradisional

Cara merawat rambut rusak akibat catok bisa anda lakukan dengan melakukan perawatan rambut yang ekstra. Banyak bahan tradisional yang bisa anda gunakan untuk merawat rambut secara alami dan mudah. Beberapa bahan natural yang bisa anda pakai diantaranya minyak kemiri alami, minyak zaitun, minyak kelapa, lidah buaya, madu, cuka apel, dan sebagainya.

Bahan tradisional tersebut mudah ditemukan di sekeliling kita, bahkan kita bisa menanam sendiri tanaman berkhasiat tersebut di rumah lalu dimanfaatkan untuk membuat bahan perawatan rambut sendiri.

 

Demikian beberapa cara merawat rambut rusak akibat catok. Bagaimana? Mudah bukan? Silakan diterapkan, dan semoga rambut kamu yang rusak akibat penggunaan catok yang berlebihan dapat tumbuh sehat kembali.

 




Komentar Artikel "Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Catok"