Inilah 5 Penyebab Rambut Rontok yang perlu anda tahu

5 bulan yang lalu      Perawatan Rambut Rontok
Inilah 5 Penyebab Rambut Rontok yang perlu anda tahu

            Kadang-kadang rambut rontok dikaitkan dengan penyebab yang sederhana. Sebagian besar disebabkan karena adanya ketidak seimbangan hormon seperti tiroid, insulin, atau testosteron. Namun, rambut rontok juga te rkait dengan trauma fisik dan emosional, dan mungkin diregulasi kortisol. Bahkan tidak jarang, rambut rontok disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasar seperti autoimunitas. Berikut adalah penyebab paling umum kehilangan rambut yang diakibatkan oleh kandungan nutrisi tubuh yang tidak seimbang:

  1. Tiroid rendah

            Rambut rontok yang parah bisa menjadi tanda awal masalah tiroid. Selain membuat rambut menipis dan rontok,tiroid yang rendah dapat menyebabkan rambut anda menjadi kasar, kering, dan mudah kusut. Masalah rambut rontok yang disebabkan tiroid yang rendah akan membaik seiring dengan keadaan hormon yang stabil. Namun kadang-kadang masalah berlanjut bahkan setelah pengobatan, terutama jika anda mengalami levothyroxine, hormon sintetis yang sering digunakan untuk mengobati hipotiroidisme. Rambut rontok adalah efek samping dari obat ini. Lakukan konsultasi dan pengobatan pada praktisi kedokteran yang berpengalaman mengobati masalah tiroid.

  1. Zat besi dan lisin rendah

Dalam satu studi, 90 persen wanita dengan rambut yang mulai menipis karena kekurangan zat besi dan lisin. 1 asam amino lisin membantu transportasi zat besi, yang berperan penting dalam banyak proses metabolisme.

Lakukan langkah ini untuk mengatasinya: Mengukur kadar feritin anda merupakan cara mengetahui indikator dari zat besi dalam tubuh. Anda membutuhkan minimal 40 untuk menumbuhkan rambut baru, dan berbagai kebutuhan  kesehatan lainya membutuhkan sekitar 70-80. Pastikan Anda mendapatkan dosis harian zat besi dari daging merah yang berasal dari hewan yang diberi makan rumput dan daun hijau. Sumber yang baik dari lisin adalah makanan kaya protein. Menambahkan lisin untuk diet Anda dengan makanan yang kaya protein, seperti daging dan unggas, kedelai, telur, keju , dan beberapa ikan. Jika Anda membutuhkan dosis tambahan suplemen zat besi, pastikan untuk memiliki seorang praktisi kedokteran untuk mengetahui feritin anda sehingga tidak mendapatkan asupan terlalu banyak dan memicu kelebihan zat besi.

  1. Alopecia androgenik

Ini adalah jenis yang paling umum penyebab kerontokan rambut dan mempengaruhi 30 persen dari perempuan. 2 khas pola bagi perempuan dengan rambut rontok yang disebabkan keturunan. Alopecia androgenik, adalah bagian pelebaran atau penipisan yang terlihat dari rambut, khususnya selama bagian pertengahan depan kulit kepala.

Kadang-kadang wanita dengan androgenic alopecia memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS). Tanda-tanda khasnya yaitu gejala kista ovarium, menstruasi yang tidak teratur, berat badan, masalah gula darah, infertilitas dan rambut rontok. Masalahnya dapat diperburuk pada beberapa pasien yang mengalami proses pengobatan untuk masalah tiroid. Sekitar 22 persen wanita dengan PCOS memiliki alopecia androgenic. Kabar baiknya adalah bahwa gejala kerontokan rambut dapat berkurang setelah hormon anda menjadi lebih stabil.

  1. Protein Tidak cukup

            Jika Anda tidak mendapatkan cukup protein dalam diet Anda, tubuh anda mungkin masuk ke modus kelaparan dan menutup pertumbuhan rambut anda. Ini dapat terjadi sekitar dua sampai tiga bulan setelah penurunan asupan protein. Makanlah protein murni dari ikan, telur, daging dari hewan pemakan rumput.

  1. Kelebihan vitamin A

            Mungkin anda baru saja mulai mengkonsumsi multivitamin atau memulai suplemen yang mengandung vitamin A. Namun anda harus lebih teliti agar  tingkat vitamin A anda tidak terlalu tinggi, karena vitamin A yang berlebihan dapat memicu kerontokan rambut. Jumlah asupan vitamin A sebaiknya tidak lebih dari 5.000 Unit Internasional (IU) per hari. Ketika Anda menghilangkan kelebihan vitamin A, rambut Anda akan tumbuh normal lagi.

                Selain perawatan rambut yang baik  kandungan nutrisi dalam tubuh juga mempengaruhi kerontokan rambut. Gaya hidup yang sehat sangat baik bagi kesehatan tubuh baik bagi kesehatan tubuh, kulit maupun rambut. Jadi, tidak cukup dengan perawatan rambut secara intensif namun anda juga perlu menjaga asupan nutrisi dalam tubuh anda. semoga bermanfaat !




Komentar Artikel "Inilah 5 Penyebab Rambut Rontok yang perlu anda tahu"