Inilah Penyebab  Rambut Rontok Yang Perlu Anda Tahu

4 bulan yang lalu      Perawatan Rambut Rontok
Inilah Penyebab  Rambut Rontok Yang Perlu Anda Tahu

      Pada umumnya rambut akan jatuh 50 hingga 100 helai rambut setiap hari. Jika anda mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak setiap hari khususnya saat anda menyisir atau saat bangun tidur maka ini menandakan bahwa anda mengalami masalah rambut rontok. Anda tidak perlu menghitung jumlah rambut yang rontok karena anda dapat merasakan jika ada perubahan signifikan.

      Tahap pertumbuhan rambut terbagi kedalam tiga fase yaitu anagen, katagen, dan telogen.  Pada tahap anagen yang merupakan tahap pertumbuhan  90 % rambut  akan bertahan 2 hingga 8 tahun. Orang yang memiliki masalah rambut akan bertahan lebih cepat. Tahap katagen merupakan tahap transisi dimana folikel rambut akan menyusut dan biasanya bertahan 2 hingga 3 minggu. Tahap ketiga adalah tahap telogen dimana rambut istirahat sebelum akhirnya jatuh. Rambut istirahat selama 2 hingg 4 bulan sebelum jatuh.

Penyebab rambut rontok

Stress

       Stes dan trauma fisik dapat menimbulkan berbagai masalah termasuk rambut rontok. Peristiwa stress dapat memicu telogen effluvium, bentuk umum kerontokan rambut yang mendorong siklus rambut kedalam fase istirahat (telogen)sehingga rambut menghasilkan folikel yang lebih sedikit. Rambut rontok dapat diketahui tiga hingga enam bulan setelah peristiwa trauma namun rambut akan tumbuh kembali setelah tubuh anda membaik.

Vitamin

        Kekurangan banyak vitamin juga dapat menyebabkan rambut rontok. Kelebihan vitamin A ( lebih dari 5,000 IU per hari) dapat memicu rambut rontok. Suplemen biasanya mengandung 2500 hingga 10000 IU  , sehingga anda perlu memperhatikan konsumsi suplemen harian anda. Kekurangan protein dapat menghentikan proses pertumbuhan rambut,  yang dapat terjadi dua atau tiga bulan setelah konsumsi protein anda berkurang. Untuk anda para vegetarian, anda dapat mengkonsumsi tumbuhan atau tanaman yang kaya akan protein seperti kacang hijau, kacang-kacangan, dan buncis.

Gen

        Genetic juga memegang peran penting dalam kasus rambut rontok. Jika seorang wanita mengalami rambut rontok yang sering , ada kemungkinan disebabkan kondisi androgenetic alopecia , sebuah kondisi keturunan yang menyerang 30 juta wanita amerika. Kehilangan rambut 50-60 helai rambut tiap hari merupakan hal yang wajar pada wanita, namun bisa lebih rendah pada wanita yang masih muda. Jika dilihat dari ukuran folikel rambut dapat terlihat ada kesalahan gen. Sebuah pola rambut yang tebal dan tipis menunjukan terjadinya kerontokan rambut pada wanita.

Hormon

         Seperti halnya efek kehamilan , perubahan hormon akibat pil KB dapat memicu terjadinya telogen effluvium. Menopause dapat memberikan efek yang sama. Pada kondisi tersebut, hormon androgen pria menjadi lebih aktif pada kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok. Pil dengan sedikit androgen dapat bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut pada wanita.

Kulit kepala yang tidak sehat

     Rambut membutuhkan kulit kepala yang sehat untuk tumbuh. Itulah mengapa kondisi kulit radang, psoriasis, dan infeksi jamur dapat menyebabkan rambut rontok. Kulit kepala yang berminyak dan kekuning-kuningan juga dapat menyebabkan ketombe. 

    Biasanya pria mengalami rambut rontok pada area batas area tumbuh rambut, sedangkan wanita mengalami penipisan rambut di tiap lintas kulit kepala sehingga rambut terlihat tipis. Dan hal ini akan terus meluas ketika rambut tertarik. Jaga kesehatan dan asupan nutrisi kedalam tubuh anda sehingga terhindar dari masalah rambut rontok. semoga bermanfaat ! 




Komentar Artikel "Inilah Penyebab  Rambut Rontok Yang Perlu Anda Tahu"