Penyebab Rambut Rontok Pada Rambut Bayi - Ratu Kemiri

Penyebab Rambut Rontok Pada Rambut Bayi

6 bulan yang lalu      Perawatan Rambut Bayi
Penyebab Rambut Rontok Pada Rambut Bayi

            Rambut rontok pada bayi dan anak-anak sering menyebabkan kekhawatiran pada orang tua. Rambut rontok pada anak-anak bisa menjadi hal wajar ,pada anak kecil jumlah helai rambut mereka biasanya mengalami kerontokan sekitar  50-100 rontok helai per hari. Kerontokan rambut ini merupakan kerontokan alami, yang berawal dari pertumbuhan rambut dan disebabkan oleh hal-hal alami, biasanya anda hanya perlu memastikan karena rambut anak cenderung lebih cepat tumbuh. Namun, terlepas dari penyebab alami rambut rontok pada bayi dan anak-anak, beberapa bentuk  kerontokan tidak menunjukan kondisi medis atau kondisi kesehatan anak dalam  masa yang panjang.

Pertumbuhan rambut di masa kanak-kanak

        Rambut bayi bisa sangat bervariasi. Sementara satu bayi mungkin terlahir dengan rambut lebat, bayi yang lain mungkin tampak hampir botak saat lahir. Kedua kondisi ekstrem ini sangat normal, termasuk semua variasi di antara keduanya. Rambut bayi sering rontok setelah tiga bulan, setelah itu potongan rambut kedua akan menggantikan rambut yang pertama. Terkadang, proses ini berlangsung secara bertahap; Bagi bayi lain, perbedaan pertumbuhan  rambut antara dua bayi mungkin lebih terasa, sehingga membuat orang tua khawatir. Selama kulit kepala bayi anda terlihat sehat, maka kemungkinan besar tidak ada yang salah. Jadi anda tidak perlu khawatir secara berlebihan.

           Anak itu akan menumbuhkan rambut secara penuh pada kepala seperti pada kepala orang dewasa, masing-masing kepala anak akan menampung sekitar 100.000 rambut. Setiap rambut pada individu tumbuh selama tiga tahun dengan kecepatan sekitar setengah milimeter per hari, sebelum putus dan digantikan oleh untaian baru.

                Rambut anak sering terlihat jarang sampai sekitar usia tiga tahun, sehingga rambutnya menebal dalam beberapa tahun ke depan. Sebagian besar anak-anak  tampaknya memiliki rambut yang relatif sedikit di tahun-tahun pertama mereka mengembangkan rambut normal.

Kondisi rambut rontok pada bayi

                Meskipun ada kasus kerontokan rambut alami pada bayi, beberapa kasus kerontokan rambut pada masa kanak-kanak dapat memberi petunjuk pada masalah yang lebih mendesak tentang pertumbuhan rambut pada bayi seperti:

Tinea Capitis, juga dikenal sebagai kurap pada kulit kepala, adalah penyebab kerontokan rambut paling umum pada anak-anak menurut American Hair Loss Association. Kondisi ini disebabkan oleh jamur yang menyerang batang rambut dan membuat rambut mudah patah serta menyebabkan kerontokan rambut rontok.

Alopecia Areata ditandai dengan lingkaran kebotakan pada kulit kepala. Kondisinya tidak berbahaya, namun keluhannya bisa menyebabkan kerontokan penuh pada kulit kepala. Tidak ada perawatan rambut rontok yang disetujui untuk Alopecia Areata pada anak-anak, namun 80% rambut bayi penderita Alopecia Areata akan tumbuh kembali  dalam waktu satu tahun. 

                Jadi jika bayi atau anak anda belum tumbuh rambut di usia awal kelahiran anda tidak perlu khawatir. Lakukan konsultasi dengan dokter jika terdapat gejala yang tidak wajar pada kulit kepala bayi anda. anda juga dapat melakukan perawatan dengan bahan alami untuk menumbuhkan rambut bayi anda. Semoga bermanfaat!

 

 




Komentar Artikel "Penyebab Rambut Rontok Pada Rambut Bayi"